Waspadai Penyembuhan Luka yang Berjalan Lama, Bisa Jadi Inilah penyebabnya


Saat memiliki luka, Anda tentu ingin luka tersebut segera disembuhkan dan merasa khawatir jika luka tak kunjung sembuh. Sebab, luka akan memberikan rasa tidak nyaman pada penderitanya hingga akhirnya membuat aktivitas jadi terhambat. Untuk membuat aktivitas berjalan nyaman kembali, kita tentu perlu mengobati luka sebaik mungkin sesuai cara agar luka cepat kering yang dianjurkan oleh dokter. Tapi, bagaiamana jika luka sembuh lebih lama tidak sesuai prediksi? Berikut ini beberapa alasannya.

Waspadai Penyembuhan Luka yang Berjalan Lama, Bisa Jadi Inilah penyebabnya

Infeksi
Proses penyembuhan luka tiap-tiap orang tentulah berbeda. Masa penyembuhan tergantung dari jenis luka, seberapa parah luka tersebut dan kondisi tubuh seseorang. Namun, ketika luka terasa sembuh dalam waktu yang lebih lama, maka bisa jadi hal terebut disebabkan oleh infeksi.

Infeksi terjadi karena kontaminasi pada area luka. Infeksi bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita fokus untuk melawan kuman yang mengkontaminasi tubuh kita. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh tidak bekerja secara optimal dalam menyembuhkan luka tersebut. Hal inilah yang membuat proses penyembuhan luka akan berjalan lebih lama. Selain itu, infeksi juga bisa terjadi dengan ditunjukkan oleh beberapa gejala antara lain demam, nyeri pada luka yang luar biasa hebat, serta cairan kuning pada luka. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan segera.

Konsumsi obat tertentu
Saat sakit, kita tentu membutuhkan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Obat jadi solusi praktis dalam menyembuhkan luka karena mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh kulit untuk membentuk kembali jaringan kulit yang baru. Hanya saja, terkadang kita juga mengonsumsi obat lainnya yang menimbulkan kontraindikasi berupa penyembuhan luka yang lebih lama.

Saat meminum obat, pastikan Anda melihat kontraindikasi yang ada pada kemasan obat tersebut. Sebab, beberapa obat memiliki kontraindikasi berupa menghambat proses penyembuhan luka. Beberapa jenis obat yang umumnya memiliki kontraindikasi antara lain antiradang nonsteroid, antikoagulan, kortikosteroid, antineoplastik sitotoksik dan imunosupresif.

Disamping mengetahui penyebab luka lebih lama sembuh, pastikan juga Anda mengetahui cara merawat luka yang tepat untuk dilakukan. Caranya, Anda bisa mulai membaca info kesehatan terbaru dari sumber yang valid dan bisa terpercaya seperti guesehat.com.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspadai Penyembuhan Luka yang Berjalan Lama, Bisa Jadi Inilah penyebabnya"

Post a Comment