Tanda-Tanda Penting Kulkas Anda Harus Diganti Baru

Apakah Anda memiliki kulkas di rumah? Jika ada, sudah berapa tahun masa pakainya? Seperti peralatan elektronik lain, kulkas memiliki batas masa pakai, yaitu 15 tahun. Kecuali Anda menggunakan jasa service kulkas Jakarta Barat sehingga awetnya melebihi 15 tahun. Tapi, kulkas tetap perlu ganti baru jika Anda mendapati tanda-tanda berikut.

Tanda-Tanda Penting Kulkas Anda Harus Diganti Baru

Berusia Lebih dari 15 Tahun
Seperti yang sempat diulas dalam kalimat pembuka, batas maksimal dan terbaik dari penggunaan kulkas adalah 15 tahun dan kinerjanya mulai menurun setelah melewati usia 10 tahun. Sementara freezer, batas maksimalnya lebih pendek, yakni hanya 11 tahun.

Hal ini dikarenakan, beberapa komponen penting dalam kulkas ada yang mengalami aus setelah melewati usia penggunaan yang telah disebutkan tersebut. Bagian-bagian ini meliputi kompresor, motor, kipas kondensor (codensor fan), kipas evaporator (evaporator fan), kondensor koil, defrost timer (pengatur waktu), defrost heater (pemanas utama), serta thermostat defrost.

Suhunya Lebih dari 70C
Tanda berikutnya jika kulkas di rumah Anda harus diganti yang baru yaitu suhu yang tidak lagi dingin atau mampu membekukan air menjadi es batu, khususnya bagian freezer. Cara pengecekanya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan alat pengukur suhu tubuh seperti termometer ke dalam kulkas.

Nah, jika suhunya tidak juga di bawah 70C (selalu di atas 70C), artinya kinerja kulkas tersebut sudah tidak bagus. Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan sangat dianjurkan untuk memilih kulkas bermode hemat energi. Harganya memang lebih mahal daripada kulkas yang tidak dilengkapi mode hemat energi, tapi bisa hemat energi dalam jangka waktu yang lama.

Kerusakan pada Kompresor
Jika bagian yang rusak adalah kompresor, sebaiknya segera ganti kulkas baru karena seperti mesin pendingin pada AC, kompresor pada mesin pendingin kulkas juga merupakan bagian penting dari refrigerator.

Kerusakan pada bagian kompresor menandakan disfungsi total dari sebuah alat elektronik yang dilengkapi mesin pendingin. Karena jika kompresor ini rusak, suhu dingin yang menjadi fungsi utama kulkas dan AC tidak akan penah tercapai. Oleh karena itu, lakukan pencegahan melalui perawatan rutin menggunakan jasa service kulkas Jakarta Barat.

Relay Overload Tidak Berfungsi Maksimal
Secara tidak langsung, keberadaan Relay Overload sangat penting bagi komponen utama kulkas, yakni kompresor. Jika fungsinya tidak lagi maksimal dam optimal, mesin kulkas tidak akan terlindung saat arus listriknya tidak stabil.

Ketidakstabilan ini selanjutnya bisa memicu over temperature. Fungsi lain dari Relay Overload adalah tameng untuk kompresor. Jadi, sebelum bagian kompresornya mengalami penurunan kinerja, komponen Relay Overload-lah yang menjadi penghalangnya. Saat mengetahui bagian ini rusak, Anda pun bisa mengantisipasi kerusakan pada kompresor.

Suara Kompresor Sangat Berisik
Kompresor yang sedang bekerja seharusnya tidak mengeluarkan suara dingin. Jadi, jika sampai mengeluarkan suara keras dan berisik yang sama sekali tidak biasa terjadi, tandanya kompresor sudah mencapai batas maksimal puncak usianya. Tidak butuh waktu lama, sekitar 2-3 hari, kompresor tidak akan lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Faktor pemicunya sama seperti tanda pertama, yaitu memasuki batas usia pemakaian. Semakin tua usia sebuah kompresor, maka semakin banyak bagian dalam kompresor yang mengalami aus atau kerusakan. Alhasil, mucul suara berisik yang sangat mengganggu kenyamanan orang yang berada di sekitar kulkas.

Jadi, jika tanda-tanda tersebut tidak Anda dapati tapi kulkas tidak juga dingin, segera manfaatkan keberadaan penyedia layanan atau service kulkas Jakarta Barat untuk membantu melakukan perawatan dan kebersihkan kulkas. Anda bisa memilih beberapa penyedia layanan yang ditawarkan Sejasa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tanda-Tanda Penting Kulkas Anda Harus Diganti Baru"

Post a Comment